22 May 2020, 16:26 WIB

Lelang Motor Jokowi Bermasalah, Istana: Urusan BPIP


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

ISTANA Kepresidenan mengaku tidak memiliki sangkut paut dengan konser amal dan lelang sepeda motor listrik yang dibubuhi tanda tangan Presiden Joko Widodo.

Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) selaku panitia yang bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

"Istana tidak ada sangkut pautnya. Istana hanya menyerahkan motor untuk dilelang. Setelah itu, semua diurus panitia dalam hal ini BPIP," ujar Donny kepada wartawan, Jumat (22/5).

Sebagaimana diketahui, acara lelang motor bertanda tangan presiden itu sempat memunculkan polemik. Pasalnya, pemenang lelang dengan nilai Rp2,5 miliar, yakni Muhammad Nuh, tidak menebus barang lelang tersebut.

Sebelumnya, ia mengaku sebagai seorang pengusaha asal Jambi, namun, setelah ditelusuri, Nuh hanya harian lepas yang tidak mengerti mekanisme lelang dan mengira acara tersebut adalah undian berhadiah.

Setelah gagal ditebus oleh Nuh, sepeda motor listrik otomatis jatuh kepada penawar tertinggi kedua yakni Warren Tanoesoedibjo.

Penggagas konser dan lelang amal Olivia Zalianty mengungkapkan panitia lelang berinisiatif untuk mengalihkan sepeda motor kepada penawar kedua setelah mengetahui bahwa pemenang lelang pertama bermasalah.

"Saya menghubungi pemenang yang ikut lelang pada saat itu, Bapak Warren Tanoe. Tapi ternyata belum bapak-bapak. Usianya masih sangat muda, 19 tahun. Beliau menyatakan ingin sekali membeli motor bertanda tangan bapak presiden," kata Olivia.

Warren pun menebus motor listrik tersebut seharga Rp2,55 miliar sebagaimana hasil penawaran tertinggi sebelumnya.

"Beliau siap membeli dengan harga yang sama dengan harga yang ditentukan dengan pemenang lelang kemarin," tutur Olivia.

Sebelumnya, Warren yang merupakan putra Hary Tanoesoedibjo itu menawar motor listrik dengan harga Rp1,55 miliar. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT