22 May 2020, 14:40 WIB

Soal RUU Keamanan Baru, Tiongkok: Hong Kong tak Terpisahkan


mediaindonesia.com | Internasional

JURU bicara Kedutaan Besar Tiongkok mengatakan keputusan memasukkan legislasi keamanan nasional Daerah Administrasi Khusus Hong Kong dalam agenda Konferensi Kongres Rakyat Nasional Tiongkok menjadi landasan penting bagi stabilitas dan konsolidasi negara.

Menjaga keamanan nasional adalah kepentingan mendasar bagi rakyat dari semua kelompok etnis Tiongkok termasuk rekan senegara Hong Kong SAR.

"Hong Kong SAR adalah bagian yang tak terpisahkan dari Republik Rakyat Tiongkok. Kongres Rakyat Nasional Tiongkok adalah otoritas negara tertinggi Tiongkok," demikian pernyataan dari Kedubes Tiongkok di Jakarta, Jumat (22/5).

Baca juga: Tiongkok Catat Tambahan Kasus Baru Covid-19

Kongres Rakyat Nasional menjalankan tugas yang diberikan oleh konstitusi sesuai dengan situasi dan kebutuhan baru, dari tingkat nasional menetapkan dan menyempurnakan sistem hukum dan mekanisme penegakan Hong Kong SAR untuk menjaga keamanan nasional, mematuhi dan meningkatkan sistem "satu negara, dua sistem".

"Ini sangat diperlukan. Menjaga kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Hong Kong juga sesuai dengan kepentingan bersama warga negara asing di Hong Kong SAR, termasuk Warga Negara Indonesia".(RO/OL-5)
 

BERITA TERKAIT