22 May 2020, 13:10 WIB

DKI Minta Peziarah Patuh Menjaga Jarak dan Pakai Masker


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H pada Minggu 24 Mei mendatang, tempat pemakaman umum (TPU) akan dikunjung banyak peziarah. Pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta menegaskan kepada warga agar tetap mematuhi protokol covid-19 selama berada di TPU.

"Untuk peziarah makam diimbau untuk menaati aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), menjaga jarak lalu menggunakan masker dan mencuci tangan," jelas Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat, Jauhar Arifin, Jakarta, Jumat (22/5).

Pihaknya juga membatasi warga yang ingin berziarah agar tidak terjadi penumpukan di dalam TPU. Upaya tersebut sebenarnya sudah diterapkan di sebelum puasa tiba. Antisipasi tersebut untuk mencegah penularan covid-19.

Bila warga yang berziarah membludak saat hari H lebaran, maka petugas yang berjaga akan meminta warga mengantre di luar TPU untuk sementara.

"Kalau kita sebatas mengimbau untuk membatasi peziarah dan di TPU ada petugas pamdal dan PJLP yang piket lebaran," ujar Jauhar.

Pemprov DKI sudah mengatur ketentuan apa yang harus dilakukan oleh para peziarah. Misalnya jumlah dibatasi satu keluarga maksimal lima orang, cuci tangan sebelum dan sesudah ziarah, tidak boleh bergerombol, dan mengikuti semua prosedur PSBB. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT