22 May 2020, 07:45 WIB

Besok, Penyaluran BST Tuntas


MI | Nusantara

MENTERI Sosial Juliari P Batubara menyatakan akan menjalankan target yang diberikan Presiden Joko Widodo. "Kami akan menuntaskan penyerahan bantuan sosial tunai (BST) untuk 8,3 juta keluarga penerima manfaat sebelum Lebaran atau Sabtu (23/5)," tuturnya saat memantau penyerahan BST di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, kemarin.

Mensos mengaku target itu juga sudah disepakati PT Pos Indonesia. Sampai kemarin, penyaluran BST di seluruh Indonesia sudah diserahkan kepada 5 jutaan keluarga. Di Sumatra Utara, temuan kader NasDem Rony Reynaldo situmorang terkait kondisi bantuan paket sembako dari pemerintah provinsi ditindaklanjuti.

Kemarin, paket berisi beras, minyak goreng, gula pasir, dan mi instan senilai Rp225 ribu itu diperiksa dan ditimbang ulang. "Kita cek dulu sebelum diserahkan untuk memastikan isi paket sesuai dengan yang sudah ditentukan," ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dahler Lubis.

Sebelumnya, Rony yang juga anggota DPRD Sumatra Utara memeriksa isi paket bantuan yang digulirkan dari APBD provinsi untuk warga di Kabupaten Simalungun. Ia menimbang ulang sejumlah paket dan menemukan fakta hampir semua paket itu timbangannya tidak sesuai.

Masalah juga terjadi dalam pembagian bantuan langsung tunai dari dana desa di Kabupaten Merangin, Jambi. Karena merasa berhak, tapi tidak kebagian, sejumlah warga di Desa Air Batu, Renah Pembarap, emosi dan membakar posko covid-19. (WJ/YP/SL/TJ/LD/DW/RK/DY/PT/GL/PO/TS/N-2)

BERITA TERKAIT