22 May 2020, 01:55 WIB

Cegah Kerumuman, BLT Diberikan Langsung ke Rumah Penerima


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMERINTAH desa (Pemdes) Karangsari, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) langsung ke rumah-rumah. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kerumunan jika dibagikan di balai desa.

Kepala Desa (Kades) Karangsari Rochmani mengatakan pembagian secara langsung door to door merupakan yang pertama kali di Kecamatan  Karangmoncol.

"Kami sengaja turun lapangan sendiri untuk mengurangi kerumunan, sehingga warga tetap di rumah. Selain itu, kami juga memiliki tugs pemantauan kewilayahan. Sehingga bisa langsung melihat kondisi senyatanya penerima BLT yang terkena dampak pandemi Covid-19," jelas Rochmani, Kamis (21/5).

Dijelaskan Rochmani, di desa setempat ada 170 keluarga yang mendapatkan BLT DD senilai Rp600 ribu selama tiga bulan. Secara total, anggaran yang dicairkan mencapai Rp102,6 juta.

Sementara Camat Karangmoncol Juli Atmadi mengatakan bahwa di wilayah Karangmoncol, ada enam desa yang tengah menyalurkan BLT DD. "Namun, kami berharap seluruh desa sudah menyalurkan sebelum Lebaran. Jadi bisa dikebut pada Jumat dan Sabtu. Pembagian BLT DD tetap menyesuaikan protokol penanganan Covid-19," jelasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT