21 May 2020, 23:59 WIB

Ingat Perjuangan Tenaga Medis, Lebaran Lebih Baik di Rumah Saja


Rahmatul Fajri | Humaniora

DEKAN Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Hari Hendarto mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah selama hari raya Idul Fitri.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang terus melonjak beberapa hari ini. Terakhir ada penambahan 973 kasus dalam sehari pada Kamis (21/5) yang merupakan rekor sejak diumumkan pertama kali pada 2 Maret.

"Mudik di tengah pandemi covid-19 bisa memperbesar risiko penularan. Silaturahmi dengan orang tua dan sanak saudara memang penting, tapi jangan sampai justru dengan mudik kita malah membawa dan menularkan virus ke keluarga tercinta di kampung halaman," ujarnya ketika dihubungi, Kamis (21/5).

Baca juga : Lebaran saat Pandemi, Ini Tips Lakukan Silaturahmi Online

Hari yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam itu mengatakan jika masyarakat mampu menerapkan hal tersebut, juga turut membantu meringankan kerja para tenaga medis yang selama ini telah berjuang melawan covid-19.

"Ya, tentunya juga hargai para tenaga medis. Masyarakat harus menyadari bahwa upaya penghentian pandemi covid-19 harus berbasis komunitas jadi diharapkan peran dan kerjasama masyarakat bersama tenaga medis untuk melaksanakan PSBB ini sebagai upaya memutuskan rantai penularan covid-19," kata Hari. (OL-7)

BERITA TERKAIT