21 May 2020, 17:15 WIB

Bawaslu Terus Perkuat Sinergi Perkuat Pengawasan Pemilu


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

PENGAWASAN pemilihan umum memerlukan sumber daya dan tenaga yang berlimpah. Maka Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI berupaya menggalang kekuatan untuk mengawal dan meningkatkan mutu demokrasi.

"Kita terus berupaya meningkatkan sinergi dalam pelaksanaan pengawasan. Termasuk dalam pembentukan regulasi seperti Peraturan Bawaslu kita libatkan Bawaslu provinsi, ini dalam rangka penguatan," kata Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam diskusi virtual bertajuk Di Balik Desain Sengketa Proses Pemilu: Mediasi dan Ajudikasi, Kamis (21/5).

Menurut dia, tugas dan tantangan pengawasan pemilu sangat tinggi dari waktu ke waktu. Untuk itu perbaikan dan penggalangan kekuatan sangat penting guna mengantisipasinya.

Baca juga : Tokoh Publik Terbelah Sikapi Relaksasi

Kolaborasi ditingiatkan antar-lapisan dan tingkatan di lembaga pengawasan. Upaya ini juga dapat memperkuat pemahaman dalam penanganan pengawasan hingga menghadapi laporan sengketa dan pelanggaran pemilu.

Ia juga memaparkan, langkah yang kerap menjadi keputusan Bawaslu telah lahir dari perdebatan dan diskusi seluruh pihak. Sehingga dalam tahap implementasi tidak ada yang merasa keberatan.

"Pasalnya banyak peraturan yang dijalankan dan ditetapkan bukan oleh kami tapi Bawaslu provinsi," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT