21 May 2020, 17:30 WIB

Kemenperin Siapkan Bimtek Industri Hadapi 'The New Normal'


Hilda Julaika | Ekonomi

KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) untuk aparatur industri di 34 provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong industri tetap bergerak saat ini. Serta agar industri siap menghadapi kenormalan yang baru (new normal).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan hal ini merupakan upaya transfer pengetahuan sekaligus sinkronisasi persepsi antara aparatur industri di pusat dan daerah, terkait kebijakan pengembangan dan pembinaan industri pada masa pandemi dan setelah Covid-19.

Baca juga: Bantul Genjot Percepatan Tanam Korporasi Benih Padi

“Kegiatan ini jadi merupakan momentum paling tepat untuk menjawab tantangan, dalam rangka menyiapkan aparat industri yang mampu menjawab berbagai macam tantangan, khususnya ketika menghadapi Covid-19, dan bersiap menghadapi kenormalaan baru yang berkaitan dengan kegiatan industri,”ujarnya melalui keterangan resmi yang Media Indonesia terima, Kamis (21/5).

Ia menuturkan, dengan kegiatan bimtek aparatur industri ini diharapkan meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat, mengevaluasi dan mengimplementasikan kebijakan yang terkait dengan sektor industri.

“Tentunya, termasuk memahami konsep dan kebijakan ekonomi, mampu menganalisa posisi sektor industri dalam kebijakan makro dan kebijakan sektoral, mengevaluasi dampak kebijakan nasional dan internasional terhadap sektor industri, serta menyusun kebijakan dan menganalisis kebijakan publik,” imbuh Menperin. (OL-6)

BERITA TERKAIT