21 May 2020, 10:04 WIB

700 Petugas PLN Babel Disiagakan Selama Lebaran


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK menjaga kehandalan pasokan listrik pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) menyiagakan 700 petugas selama 24 jam dengan sistem shift. Senior Manager Teknik PLN UIW Bangka Belitung, Taufik Eko mengatakan selama masyarakat berada di rumah memicu konsumsi listrik pelanggan rumah tangga naik 10,79 persen dibandingkan April tahun lalu.

"Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan terus menjaga keandalan pasokan listrik. Agar pelanggan dapat melakukan berbagai aktivitasnya di rumah," kata Taufik, Kamis (21/5).

Saat ini, suplai listrik di sistem Bangka sebesar 186 mega watt (MW) dengan demand sebesar 152 MW. Sementara di sistem Belitung tercatat suplai sebesar 77 MW dengan demand sebesar 43 MW. Kondisi ini cukup untuk menjaga kelancaran aktivitas pelanggan selama di rumah. Suplai listrik untuk tempat-tempat vital, khususnya rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya mendapat prioritas pasokan listrik. Selain itu, pihaknya telah menyiapkan SOP sebagai langkah antisipasi apabila terjadi gangguan secara tiba-tiba.

baca juga: BI DIY Jamin Uang Beredar Higienis Karena Dikarantina 14 Hari

"Kami telah melakukan pengecekan dan simulasi terhadap peralatan-peralatan yang akan digunakan dan SOP manuver jaringan untuk mengantisipasi adanya gangguan sistem secara mendadak. Selama masa siaga ini kami tidak melakukan pemeliharaan jaringan yang memerlukan penghentian sementar aliran listrik ke rumah pelanggan, jika terjadi padam maka dipastikan hal tersebut karena adanya gangguan," imbuhnya.

Untuk mendukung kegiatan semasa siaga menurutnya, PLN juga menyiapkan 30 posko siaga layanan teknik dengan 700 petugas, dua unit crane, tiga unit truk, 28 unit mobil siaga, 11 motor siaga, 15 genset mobile kapaistas 40 – 400 kVA, 22 unit gardu bergerak, lima UPS dan lima unit kabel bergerak. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT