21 May 2020, 06:10 WIB

Seri A Harus Tuntas Selambatnya Pada 20 Agustus


Widhoroso | Sepak Bola

FEDERASI Sepak Bola Italia (FIGC) memberi batas akhir hingga 20 Agustus 2020 untuk Seri A menyelesaikan kompetisi musim 2019-2020. Sedangkan musim kompetisi 2020-2021 akan dimulai pada 1 September 2020.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan FIGC, Rabu (20/5). "FIGC ingin menyelesaikan kompetisi profesional kompetisi Serie A, B, dan C selambatnya hingga 20 Agustus," kata FIGC dalam sebuah pernyataan.   

Kompetisi sepak bola di Italia telah dihentikan sejak 9 Maret lalu akibat pandemi korona. Sebelumnya, Seri A diharuskan selesai pada 2 Agustus 2020.

Klub-klub telah diperbolehkan kembali menggelar latihan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun kompetisi belum akan dilanjutkan hingga pertengahan Juni mendatang.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengatakan keputusan kapan Seri A bisa kembali bergulir akan diambil dalam pertemuan pada 28 Mei mendatang. Pertemuan itu akan dihadiri perwakilan klub-klub.

FIGC juga akan menyiapkan alternatif jika lanjutan kompetisi harus kembali dihentikan. Opsi menggelar play off jika kompetisi kembali terhenti harus dibuat.

Namun, jika kompetisi tidak mungkin diselesaikan walaupun dengan pilihan menggelar laga play off, FIGC kemungkinan akan menera[klanm sistem koefisien nilai untuk menentukan peringkat klub-klub.

Saat Seri A dihentikan di pekan ke-26, Juventus berada di puncak klasemen. Si Nyonya Tua, julukan Juventus, telah mendulang 63 poin atau unggul satu poin dari Lazio yang berada di posisi dua. (BBC/R-1)

 

BERITA TERKAIT