21 May 2020, 02:30 WIB

Dirut PT LIB Sebaiknya dari Kalangan Profesional


Widhoroso | Sepak Bola

JABATAN direktur utama PT Liga Indonesia (LIB) sedang kosong setelah Cucu Somantri, mengundurkan diri. TIRA Persikabo berharap posisi tersebut diisi oleh kalangan profesional.

Pengunduran diri Cucu disampaikan saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Senin (18/5). Tiga orang komisaris PT LIB yakni Sonhadji, Hasani Abdulgani, dan Hakim Putratama, juga mengambil langkah serupa.

"Idealnya bisa belajar dari pengalaman, jangan rangkap jabatan terutama dari federasi, diusahakan dari kalangan professional yang mengerti bisnis karena sepakbola sekarang sudah menjadi industri," kata Direktur Pengembangan Bisnis TIRA Persikabo, Rhendie Arindra.

Cucu memang sempat rangkap jabatan ketika masih di PT LIB. Mantan Pangdam Bukit Barisan tersebut juga menduduki posisi sebagai wakil ketua umum PSSI periode 2019-2023.

keputusan Cucu mundur dinilai Rhendie sudah tepat. Ia berharap tidak ada lagi rangkap jabatan di operator kompetisi tersebut karena khawatir terjadi konflik kepentingan saat mengambil keputusan.

"Jadi liga harus dikemas semenarik mungkin dan itu tugasnya PT LIB. Sementara PSSI bisa fokus di pembinaan usia muda, infrastruktur, dan lainnya," ujarnya. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT