21 May 2020, 00:55 WIB

Kasus Transmisi Lokal Terus Terjadi di Bali


Arnoldus Dhae | Nusantara

KASUS transmisi lokal Covid-19 di Bali, terus terjadi. Pada Rabu (20/5) dilaporkan terdapat penambahan delapan kasus positif Covid-19,  tujuh diantaranya berasal dari transmisi lokal sedangkan satu kasus berasal dari pekerja migran Indonesia (PMI)

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Bali Dewa Made Indra, Rabu (20/5) menyatakan Pemprov Bali tidak bosan-bosan mengingatkan masyarakat bahwa kasus transmisi lokal terus terjadi di Bali. Hal ini penting untuk membangun kesadaran masyarakat agar terus disiplin untuk memutus mata rantai penularan Covid19 melalui transmisi lokal sesuai dengan anjuran pemerintah.

Menurut Dewa Indra, jumlah angka positif Covid-19 di Bali memang masih didominasi imported case. Namun, adanya 148 kasus transmisi lokal tidak bisa dianggap kecil untuk Bali dengan jumlah penduduk uang sedikit.

Terus bertambahnya kasus transmisi lokal, jelas Dewa Indra, menunjukkan masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan atau melakukan upaya-upaya pencegahan COVID-19, seperti pemakaian masker, mencuci tangan, physical distancing, dan lainnya. Untuk itu, sekali lagi, dalam menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini.

"Kami terus melakukan iimbauan agar masyarakat disiplin sehingga penularan Covid-19 ini cepat selesai," ujarnya.

Lebih jauh, Dewa Indra, meminta kepada seluruh masyarakat, para tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh politik, dan semua elemen masyarakat untuk bersatu padu menguatkan disiplin kita semua dalam penerapan protokol pencegahan Covid-1. Dengan semakin berdisiplin dalam pelaksanaan pencegahan ini maka transmisi lokal penyebaran Covod-19 pasti bisa dihentikan. (R-1)

BERITA TERKAIT