20 May 2020, 23:46 WIB

SAR Simeulue Selamatkan Empat Nelayan di Tengah Laut


Antara | Nusantara

EMPAT orang nelayan asal Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, berhasil diselamatkan oleh tim gabungan bersama petugas SAR Pos Simeulue, Provinsi Aceh, yang sebelumnya terombang-ambing di sekitar Pulau Siumat, Simeulue.

Adapun empat orang nelayan yang berhasil diselamatkan tersebut masing-masing bernama Nacun, 47, sebagai kapten kapal, kemudian tiga orang anak buah kapal (ABK) masing-masing Bahri, 23, Barni, 25, serta Fahmi, 20.

“Saat ini kapal yang ditumpang oleh empat orang nelayan sedang ditarik menuju ke Sinabang, Pulau Simeulue,” kata Kepala SAR Pos Sinabang, Adlin Buyung Nasution yang dihubungi dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (20/5) malam.

Menurutnya, para nelayan tersebut berhasil ditemukan di sebuah kapal pada pukul 20.34 WIB Rabu malam, setelah terombang-ambing di sekitar Pulau Siumat, Kabupaten Simeulue, sejak Rabu siang jelang sore.

Upaya untuk melakukan pencarian dan evakuasi, kata Adlin Buyung Nasution, dilakukan dengan menggunakan Kapal Motor Bahana Nusantara 26 milik Dinas Perhubungan Kabupaten Simeulue, dengan jumlah tim evakuasi mencapai 10 orang.

Tim tersebut terdiri dari Tim Rescue Pos SAR Simeulue, ABK KM Bahana Nusantara, Satgas Simeulue, BPBD serta TNI Angkatan Laut. “Jika tidak ada kendala cuaca, nelayan tersebut akan tiba di Sinabang, Kabupaten Simeulue sekitar Rabu tengah malam,” katanya menambahkan. (OL-12)

BERITA TERKAIT