20 May 2020, 20:37 WIB

Wapres: Manfaatkan Teknologi untuk Silaturahim saat Idulfitri


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden, Ma’ruf Amin, meminta masyarakat memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk bersilaturahmi pada Hari Raya Idulfitri tahun ini. Wapres mengakui pandemi Covid-19 menyebabkan silaturahmi pada lebaran kali ini terhalang akibat tidak ada tatap muka dengan sanak saudara di kampung.

“Walaupun tidak bisa bertatap muka, kita (dapat) bersilaturahim melalui media secara virtual. Kita bisa melalui WA (aplikasi WhatsApp), melalui telepon, bahkan kita bisa melalui teleconference yang bisa menghubungkan kita dengan orang tua, dengan tetangga dengan saudara-saudara kita,” kata Wapres dalam keterangan persnya, Rabu (20/5).

Baca juga: Tiga Orang Jadi Tersangka Kasus ABK WNI di Kapal Tiongkok

Wapres berharap masyarakat tetap mematuhi larangan pemerintah untuk tidak melakukan mudik. “Sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran virus bisa direalisasikan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wapres juga menyatakan bahwa pemerintah akan mengganti hari libur Idulfitri kali ini di waktu lain, yaitu pada saat Idul Adha (Hari Raya Haji). Oleh karena itu, Wapres mengimbau agar kegiatan silaturahmi secara langsung dapat ditunda sementara dan diganti pada waktu lain, yaitu pada saat Hari Raya Idul Adha. 

“Jadi kita tinggal menggeser sedikit, mudah-mudahan saat Idul Adha nanti wabah koronanya sudah hilang. Sehingga kita bisa bertemu (dan) bersilaturahim, hanya menggeser waktunya,” imbau Wapres.

Mengakhiri tausiahnya, Wapres mengucapkan “Selamat Hari Raya Idulfitri” dan sekali lagi mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dalam melakukan silaturahmi. 

“Karena itu marilah kita bersabar. Kita pendam dulu untuk bertemu secara langsung, yaitu untuk kemaslahatan kita, kemaslahatan orang tua kita, kemaslahatan masyarakat semuanya, yang intinya fungsi silaturahimnya tidak hilang karena kita bisa melakukannya secara virtual. Selamat Hari Raya Idulfitri, maafkan lahir dan batin,” pungkas Wapres. (OL-6)

BERITA TERKAIT