20 May 2020, 19:07 WIB

Singapura Izinkan Penumpang Transit di Bandara Changi


Nur Aivanni | Internasional

SECARA bertahap, otoritas Singapura mengizinkan pelancong untuk transit di Bandara Internasional Changi mulai 2 Juni.

Pengumuman itu disampaikan Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) pada Rabu (20/5). "Ini adalah strategi Singapura untuk secara bertahap membuka kembali transportasi udara. Tujuannya, memenuhi kebutuhan ekonomi dan masyarakat. Sembari memastikan perlindungan yang memadai untuk perjalanan aman," bunyi keterangan resmi otoritas.

Maskapai penerbangan harus mengajukan proposal untuk jalur transit melalui Bandara Changi ke CAAS. Otoritas penerbangan menyatakan proposal akan dievaluasi dengan mempertimbangkan keselamatan penerbangan, kesehatan masyarakat, serta kesehatan penumpang dan awak pesawat.

Baca juga: Singapura Lakukan 8.000 Tes PCR Setiap Hari Lacak kasus Covid-19

Saat ini, penumpang asing hanya diperbolehkan transit melalui Singapura. Dalam hal ini, jika berada di penerbangan repatriasi yang diatur pemerintah negara asal.

CAAS menekankan berbagai langkah ketat akan diberlakukan. Otoritas memastikan penumpang transit tetap berada di fasilitas yang ditunjuk. Sehingga, tidak berbaur dengan penumpang lain di Bandara Changi.

Staf bandara juga diminta mengenakan alat pelindung diri saat berinteraksi dengan penumpang. CAAS menyebut tindakan pencegahan, seperti jaga jarak aman, pemeriksaan suhu tubuh penumpang dan staf, akan terus diberlakukan.(CNA/OL-11)

 

BERITA TERKAIT