20 May 2020, 18:38 WIB

Rektor UI Desak Pemerintah Segera Mitigasi Sektor Ekonomi


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Ekonomi

REKTOR Universitas Indonesia Ari Kuncoro mengatakan agar kondisi ekonomi bisa kembali pulih pasca pandemi covid-19 perlu adanya mitigasi.

Ia mengacu pada prediksi para ahli yang mana virus ini susah hilang dan akan terus ada dimuka bumi. "Virus ini susah untuk hilang, vaksin susah ditemukan. Untuk itu kita harus melakukan mitigasi, kita tidak mungkin melakukan hibernasi ekonomi yang tidak berakhir," kata Ari dalam diskusi online, Rabu (20/5).

Ia bahkan memprediksi kurva pemulihan ekonomi bukanlah yang sering digadang-gadangkan, melainkan mungkin saja menjadi kurva U yang menunjukan grafik pemulihan ekonomi yang berjalan lambat atau bahkan bahkan kurva bentuk logo nike.

Dalam jangka panjang, Ari menyarankan agar Indonesia bisa tercipta kemandirian ekonomi produksi dan perubahan sistem rantai pasokan yang mana saat ini lebih banyak dipasok dari luar negeri seperti China.

Baca juga: Pemerintah Khawatirkan Gelombang Kedua Covid-19

Menurutnya jika kerusakan pada rantai pasokan tidak segera diperbaiki, pabrik-pabrik pun tidak dapat segera bereperasi karena kekurangan bahan baku.

Ia berharap Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memulihkan ekonomi Indonesia yang kini memilih penerapan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB).

BUMN pun diyakini bisa menjadi tumpuan perubahan karena memiliki sektor usaha yang luas. "Saya rasa BUMN dengan sektor yang besar mempunyai kemampuan melakukan sebagai acun dan integrasi karena bisa menghubungkan dengan non BUMN terutama dalam sektor informasi dan komunikasi, bisnis dan logistik transfortasi, produksi, kesehatan, ada sektor jasa," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT