20 May 2020, 14:33 WIB

BRSKP Napza Satria Bantu Korban Napza, Difabel Terdampak Covid-19


Lilik Darmawan | Nusantara

Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan (BRSKP) Napza Satria, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) memberikan bantuan kepada korban napza, lansia, penyandang disabilitas, anak yatim dan lainnya yang terdampak pandemi Covid-19. Mereka berasal dari Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap.

''Ada 600 paket sembako yang kami bagikan termasuk hari ini di Purbalingga. Bantuan kami berikan kepada korban napza, lansia, penyandang disabilitas, anak yatim melalui dinas sosial, instansi mitra, pemerintah desa dan secara langsung,'' kata Kepala Balai Napza Baturraden Restyaningsih usai pemberian bantuan di Purbalingga, Rabu (20/5).

Baca Juga: Maret–Agustus 2020, Bantuan Sembako Kemensos Naik Rp200 Ribu

Dijelaskan oleh Restyaningsih, pemberian bantuan tersebut diperuntukkan bagi mereka yang belum mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah. ''Ini adalah bentuk kepedulian kami sebagai bagian dari Kemensos untuk membantu warga yang belum memeroleh bantuan,'' ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Layanan Rehabilitasi Sosial BRSKP Napza Satria Baturraden, Hendra Permana, mengatakan selain pemberian paket sembako, dilakukan rapid assesment kepada masyarakat penerima bantuan sosial yang terindikasi sebagai korban napza dan monitoring kepada penerima manfaat (PM).

''Jadi, program yang kami selenggarakan tidak sebatas pemberian bantuan saja, melainkan juga ada program pelayanan rehabilitasi sosial korban napza,'' kata Hendra. (LD/OL-10)

BERITA TERKAIT