20 May 2020, 14:05 WIB

Ratusan Pegawai Imigrasi Bali Jalani Rapid Test


Arnoldus Dhae | Nusantara

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan sebanyak 111 pegawai di Kantor Imigrasi Denpasar akan diperiksa kesehatannya.

"Hari ini dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh pegawai, termasuk kami dari Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Bali. Semua diperiksa kesehatannya. Ini adalah agenda rutin, hanya kali ini ditambah dengan rapid test," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk di Denpasar, Rabu (20/5).

Menurutnya, pegawai Imigrasi adalah orang terdepan yang selalu berhadapan dengan orang asing dari berbagai negara di dunia. Jadi, mereka sangat rentan terhadap penularan covid-19. Untuk itu, semua harus diperiksa, termasuk rapid test. Tujuannya untuk mengetahui apakah para pegawai di imigrasi itu sehat atau tidak, sehingga bisa memberikan layanan prima kepada masyarakat.

Baca juga: Detasemen Antiteror 88 Tangkap Guru Ngaji di Tasikmalaya

"Kita bisa pastikan bahwa pegawai itu bisa memberikan pelayanan terbaik tentunya dengan kesehatan yang sangat bagus. Kalau pegawai misalnya dalam keadaan sakit memberikan pelayanan itu nantinya kurang maksimal," tegasnya.

Dalam situasi saat ini, imbuh Jamaruli, perlu juga ada kepastian dari masyarakat apakah pegawai Imigrasi itu sehat atau tidak dari covid-19. Orang asing juga ingin memastikan bahwa para pegawai sehat atau tidak," ujar Jamruli.

Dari hasil pemeriksaan rapid test, tidak ditemukan ada pegawai yang reaktif atau gejala positif covid-19. "Untuk hari ini tidak ada yang reaktif. Semuanya sehat," ujarnya.

Rencananya pemeriksaan akan dilakukan dalam beberapa tahap dan menyasar semua pegawai di jajaran Imigrasi dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali. "Pemeriksaan bisa dilakukan sewaktu-waktu dan akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT