20 May 2020, 13:51 WIB

Saat Idulfitri, TPA Piyungan Libur Dua Hari


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

TEMPAT Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan akan menghentikan pelayanan selama dua hari yang bertepatan dengan hari raya Idulfitri pada Minggu (24/5) dan Senin (25/5).

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY telah mengirimkan surat perihal rencana peliburan TPST Piyungan selama dua hari tersebut.

"Dari surat tersebut diinformasikan, sehubungan dengan hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah TPA regional Piyungan libur pada tanggal 24 dan 25 Mei 2020," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Suyana lewat siaran pers dari Humas Pemkot Yogyakarta.

Pelayanan TPA Piyungan baru akan dibuka kembali, Selasa (26/5). Peliburan tersebut dilakukan karena pada hari raya Idulfitri para petugas juga merayakannya bersama keluarga.

Karena itu, masyarakat diimbau untuk menunda membuang sampah ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Untuk sementara waktu, sampah disimpan di rumah masing-masing.

"Dalam kondisi ini sebaiknya masyarakat menyimpan sampahnya dulu dengan melakukan protokol kesehatan, ditutup menggunakan plastik sehingga tidak mudah tembus," ungkapnya.

Baca juga: Menteri Siti Tinjau TPA Regional di Lombok

Menurut dia, masyarakat akan memahami karena hal serupa pernah terjadi. Suyana menambahkan, volume sampah di Kota Yogyakarta pada saat Idulfitri cenderung menurun hingga H+4. Dengan peliburan dua hari TPA Piyungan, volume sampah diyakini masih dalam kondisi normal.

Kenaikan volume sampah baru terjadi pada hari kelima. Pada saat itu, TPA Piyungan sudah beroperasi seperti biasa. Untuk diketahui, volume sampah rumah tangga di Kota Yogyakarta masih cukup rendah, hanya sekitar 45% sedangkan nonrumah tangga sekitar 55%.

TPA Piyungan menampung sampah dari tiga wilayah di DI Yogyakarta. Selain Kota Yogyakarta, TPA Piyungan juga menampung sampah dari Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman.(OL-5)

BERITA TERKAIT