20 May 2020, 12:25 WIB

Pemkab Musi Banyuasin Tegaskan Takbiran dan Salat Id di Rumah


Dwi Apriani | Nusantara

SATUAN Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Kementerian Agama Muba dan Majelis Ulama Indonesia sepakat melarang warganya melakukan takkbiran keliling dan salat Id di lapangan atau masjid. Seluruh kegiatan Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan di rumah bersama keluarga inti.

Tata cara pelaksanaan takbir dan salat Id mengikuti edaran dari Kemenag RI. Kesepakatan menggelar takbiran dan salat Id di rumah bersama keluarga inti diikuti dengan penerbitan Surat Seruan Bersama mengajak umat muslim Muba melaksanakan takbiran dan salat Idul Fitri 1441 H di rumah masing-masing.

"Langkah kita selaras dengan keputusan Pemerintah Pusat. Di tengah wabah covid-19 ini tetap diperbolehkan melaksanakan takbiran dan salat Ied sendiri-sendiri maupun berjamaah bersama keluarga di kediaman masing-masing," ungkap Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Rabu (20/5)

Ia mengatakan, seruan bersama ini sebagai upaya meminimalisir serta memutus mata rantai penularan wabah covid-19 di Muba.

"Kita ketahui bersama bahwa pandemi covid-19 masih terjadi. Kiita berharap dengan seruan bersama ini umat muslim di Muba tetap menjalankan ibadah dengan khusyuk dan tetap menjaga kesehatan diri dan bersatu melawan penyeberan covid-19 di Muba yang kita cintai," tuturnya.

Kakanwil Kemenag Muba, Subrata mengajak semua umat muslim di Muba untuk mengikuti seruan bersama tersebut. 

"Mari kita melaksanakan ibadah takbiran dan salat Id di rumah masing-masing bersama keluarga demi memutus rantai penularan covid-19," ajaknya.

baca juga: Pidie Melarang Warga Takbiran Keliling

Ketua MUI Muba Thamrin Nawawi juga mengatakan, dengan Seruan Bersama tersebut umat muslim di Muba dapat melaksanakan ibadah lebih khusyuk dan akan terhindar dari potensi penularan covid-19 baik bagi keluarga dan masyarakat Sumsel.

"Seruan ini kita ambil demi kebaikan kita bersama, dan mari kita melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, bersama keluraga dirumah masing-masing," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT