20 May 2020, 10:10 WIB

Setelah Pandemi, Bisnis Pariwisata Bangkit Lagi


Syarief Oebaidillah | Humaniora

DI tengah pandemi covid-19 yang berdampak di berbagai sektor, termasuk dunia pariwisata tidak menyurutkan semangat para pelajar lulusan SMA dan SMK untuk menekuni dunia pariwisata melalui pendidikan tinggi. Seperti dikatakan oleh Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, Fetty Asmaniati bahwa saat ini minat lulusan SNA dan SMK untuk menimba ilmu pariwisata cukup tinggi, karena terpengaruh dengan serba-serbi pariwisata ala milineal yang muncul di media sosial. Banyaknya anak muda selaku Youtubers yang mengisi konten destinasi pariwisata, menggerakkan anak-anak milenial untuk serius menekuni bidang pariwisata. 

"Tidak sedikit mereka yang menekuni pendidikan pariwisata sukses mengejar karier di dunia pariwisata," kata Fetty dalam webinar yang bertema Pesona Talks Serba-Serbi Pariwisata Milenial, Selasa (19/5) yang diikuti peserta dari Jakarta, Riau, hingga Maluku.

Pembicara lainnya Ketua Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Djanadi Bimo Prakoso mengapresiasi para alumni dan peserta yang ikut webinar.Ia optimistis bahwa perkembangan dunia pariwisata di masa mendatang akan semakin baik pascapandemi covid-19. Ia juga mengajak anak muda untuk tidak ragu menekuni bidang pekerjaan di sektor pariwisata karena masyarakat tetap butuh piknik dalam kehidupan sehari-harinya.

"Pasca Covid-19, bisnis pariwisata kembali bangkit. Akan semakin banyak orang bepergian karena setelah sekian lama mereka di rumah saja," ujarnya optimistis.

Untuk itu pendidikan pariwisata pun tetap menjanjikan di masa mendatang karena hingga kini bisnis pariwisata terus berkembang mengikuti tren masyarakat.

baca juga: Indonesia Siap Daftarkan Domain Aksara Jawa ke ICANN

Pramugari Singapore Airlines Fadhila Hananing Estu salah satu alumni STP Trisakti yang hadir dalam webinar mengatakan bahwa pasca pandemi akan terjadi lonjakan penumpang pesawat karena setelah sekian lama lockdown, orang akan bepergian ke berbagai kota.

"Saya optimistis setelah covid-19 dunia penerbangan akan kembali pulih," ujarnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT