20 May 2020, 09:20 WIB

Italia Undang Warga Jerman Berlibur


Basuki Eka Purnama | Internasional

MENTERI Luar Negeri Italia Luigi di Mario mengundang warga Jerman untuk melupakan ketakutan terkait covid-19 dan berlibur di Italia pada musim panas ini.

Italia berencana membuka diri untuk turis asal Eropa pada awal Juni dan menghapus keharusan karantina selama 14 hari sebagai bagian dari penghapusan lockdown covid-19.

"Mari datang dan kunjungi pantai kami, laut kami, gunung kami, serta nikmati kuliner kami. Kami siap menyambut kalian dengan senyuman," ujar Di Maio dalam wawancara dengan surat kabar Jerman Bild yang diterbitkan Rabu (20/5).

Baca juga: Hasil Survey, Wuhan Jadi Kota Paling Dicari Wisatawan

Pemerintah Italia memberlakikan lockdown pada awal Maret untuk mengatasi pandemi covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 32 ribu orang di negara itu.

Lockdown itu melumpuhkan sektor pariwisata, industri yang menjadi andalan Italia.

Di Maio menegaskan Italia siap menerima turis asal Eropa dengan memberlakukan aturan ketat. Dia menggarisbawahi bahwa kasus covid-19 di Italia terus menurun.

"Mulai dari pertengahan Juni hingga September telah dimungkinkan melakukan perjalanan ke Italia tanpa masalah," kata Di Maio sembari menambahkan protokol kesehatan akan dijalankan di berbagai fasilitas akomodasi.

Jerman masih memberlakukan peringatan kepada warganya untuk tidak berpergian ke luar negeri hingga pertengahan Juni.

Namun, Menteri Luar Negeri Jerman Jeiko Maas menyebut negaranya siap mencabut pembatasan perjalanan lebih cepat untuk kawasan Eropa ketimbang ke lokasi lain di dunia. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT