20 May 2020, 08:49 WIB

Perbatasan AS dengan Kanada dan Meksiko Ditutup Sebulan Lagi


Basuki Eka Purnama | Internasional

PEMERINTAH Amerika Serikat (AS), Selasa (19/5), memperpanjang perjalanan lintas batas ke Kanada dan Meksiko selama sebulan lagi untuk menghentikan penyebaran covid-19.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS (DHS) mengatakan penutupan yang pertama kali dilakukan pada 20 Maret dan akan berakhir pada 20 Mei akan diperpanjang hinga 22 Juni dan akan dievaluasi setiap 30 hari.

"Perjalanan nonesesnsial tidak akan diizinkan hingga pemerintahan merasa hal itu cukup aman," ujar penjabat ketua DHS Chad Wolf.

Baca juga: Kanada Izinkan Toko-Toko Dibuka Kembali

"Kami telah menghubungi pemerintah Kanada dan Meksiko. Mereka sepakat memperpanjang pembatasan ini sangat diperlukan pada saat ini. Kami menghargai kerja sama kami dengan Meksiko dan Kanada dalam rangka memastikan wilayah Amerika Utara sukses mengatasi covid-19," lanjutnya.

Dari Ottawa, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan perbatasan Kanada-AS akan tetap ditutup untuk perjalanan nonesesnsial selama sebulan lagi atau hingga 21 Juni.

Perbatasan terpanjang di dunia itu, sepanjang 8.900 kilometer itu ditutup untuk pelancong sejak 21 Maret lalu.

Adapun Meksiko yang memiliki perbatasan sepanjang 3.100 kilometer dengan AS telah membatasi perjalanan lintas batas sejak 20 Maret. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT