20 May 2020, 08:23 WIB

140.669 Jiwa Penerima Bansos di Kalimantan Timur


Rudi Agung | Nusantara

RATUSAN ribu warga Kalimantan Timur akan menerima bantuan sosial dampak Covid-19. Rencananya, bantuan tersebut akan disalurkan sebelum Idul Fitri 1441 H. Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub, menjelaskan DPRD dan Pemprov telah melakukan pembahasan terkait bansos tersebut. Awalnya, ada sekitar 150 ribu jiwa yang terkena dampak covid-19. Namun data itu berubah setelah dilakukan verifikasi lapangan. 

"Setelah dilakukan verifikasi ada sekitar 140.669 jiwa. Jadi yang sudah tervalidasi sebanyak 96,3 persen," jelas Rusman, Rabu (20/5).

Ratusan ribu warga ini nantinya diguyur bantuan sebesar Rp750 ribu per jiwa. Pemprov Kaltim telah menyiapkan anggaran penanganan pandemi ini sekitar Rp500 miliar.  Dana itu, lanjutnya, terbagi dalam tiga bidang yakni kesehatan, penanganan dampak sosial, dan pemulihan ekonomi. Masing-masing yang masuk dalam data mendapat bantuan Rp 750 ribu. Total anggaran khusus bantuan sosial ini mencapai Rp105,5 miliar. Data penerima bantuan ini telah divalidasi Pemprov Kaltim.

Ia menjelaskan, bantuan akan disalurkan melalui perbankan yang bekerja sama dengan pemprov yakni BRI dan Bank Kaltimtara. 

"Jadi, data 140.669 jiwa akan mendapat bantuan sebelum lebara nmelalui transfer bank yang mendistribusikan langsung ke penerima," tuturnya. 

Untuk mempermudah penyaluran, akan diterbitkan kartu ATM massal untuk penerima bantuan.

"Nah dari datayang terverifikasi by name, alamat, dan NIK, merekalah yang bisa dapat rekening," ujarnya. 

Bagi warga yang belum tervalidasi, pihak Diskominfo Kaltim masih melakukan verifikasi. Sedangkan data telah terverifikasi berasal dari data Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata. Untuk data dari organisasi perangkat daerah (OPD) lain seperti dinas sosial masih dalam proses verifikasi. Untuk Balikpapan, Pemkot akan menyalurkan bantuan sosial serupa. Bantuan tersebut akan disalurkan mulai hari ini, Rabu (20/5). 

baca juga: Kaltim Optimistis Cetak Ratusan Ribu e-KTP Mei Ini

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi memaparkan penyaluran bantuan akan dilakukan di delapan titik. Pihaknya melibatkan sejumlah kantor Pos dan kecamatan.

"Total warga yang akan menerima bantuan sosial ini mencapai 10.845 kepala keluarga. Undangan untuk penerima, dibagikan melalui RT masing-masing," jelasnya. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT