20 May 2020, 07:34 WIB

Kaltim Optimistis Cetak Ratusan Ribu e-KTP Mei Ini


Rudi Agung | Nusantara

Di tengah pandemi Covid-19, Pemprov Kaltim optimistis mampu menuntaskan pencetakan 103.068 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).  Kepala Dinas Kependudukan,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim, Halda Arsyad, mengatakan pihaknya telah memiliki 53 unit alat cetak e-KTP. 

"Kalau satu unit alat cetak mampu mencetak 200 keping, diperkirakan 10 hari bisa selesai," ujar Halda Arsyad Selasa (19/5). 

Halda menjelaskan puluhan alat cetak tersebut tersebar di 10 kota/kabupaten. Ia pun sangat optimistis pencetakan bisa tuntas pada  Mei ini. 

"Target pencetakan tuntas bulan Mei, kita masih mengupayakan skenario tambahan alat cetak melalui bantuank abupaten/kota lain yang tidak memiliki surat keterangan (suket)," jelasnya.

Daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Barat. Ia mengklaim selama pandemi covid-19, Disdukcapil di 10 kota/ kabupaten Kaltim, telah melakukan pelayanan daring dengan pelbagai saluran teknologi komunikasi. 

"Seperti layanan berbasis android, Google foam, Whatsapp, dan layanan melalui saluran komunikasi digital lain," tambah Halda Arsyad. 

Pihaknya mengakui dari 23 jenis layanan administrasi kependudukan di Provinsi Kaltim, masih ada satu layanan yang belum tuntas, yaitu kepemilikan e-KTP. Karena itu adanya kebijakan PSBB, pemprov harusenuntaskan dokumen kependudukan melalui daring. 

baca juga: PNS Nekat Mudik Bisa Kena Sanksi Penurunan Jabatan

Sampai bulan ini, lanjut Halda, stok blangko e-KTP di kota/kabupaten se- Kaltim tercatat sekitar 26.855 keping. Untuk jumlah suket sekitar 103.068 lembar, dengan status siap rekam atau print ready record puluhan lembar. Ia merinci suket e-KTP paling banyak di Kabupaten Kutai Kertanegara sekitar 50.645 lembar. 

"Balikpapan ada 21.537lembar, Kutai Timur sekitar 15.354 lembar, dan Samarinda sekitar 8.018 lembar," pungkasnya.(OL-3)
 

BERITA TERKAIT