20 May 2020, 06:30 WIB

Goethe-Institut Gelar Kursus Bahasa Jerman Daring


Basuki Eka Purnama | Humaniora

KURSUS bahasa Jerman Goethe-Institut Indonesien kini berlangsung secara daring dan dapat diakses dari mana pun di Indonesia.

Kelas-kelas diadakan dalam format belajar mengajar digital sehingga peserta kursus dapat belajar dari rumah demi menjaga jarak interaksi fisik di tengah pandemi covid-19.

Peralihan dari pembelajaran di dalam kelas ke ruang kelas virtual dimulai sejak 23 Maret 2020 dalam rangka menjamin progres pembelajaran bahasa Jerman para peserta kursus saat itu.

Langkah tersebut diambil menyusul penutupan sementara fasilitas Goethe-Institut di Jakarta dan Bandung sebagai upaya meredam penyebaran wabah covid-19.

Baca juga: Prakerja.org Beri Pelatihan Gratis, Kritik untuk Kartu Prakerja

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, Goethe-Institut Indonesien memutuskan melanjutkan penerapan ruang kelas virtual untuk jadwal kursus yang akan datang. Keputusan itu membuka kesempatan belajar bagi orang-orang di semua provinsi di Indonesia.

“Sudah bertahun-tahun lamanya, Goethe-Institut menerima permintaan dari orang-orang dari luar Jakarta dan Bandung, sering kali dari luar Jawa, untuk mengadakan kursus bahasa Jerman di sana. Sekarang, setelah kami mengalihkan pembelajaran bahasa Jerman menjadi online sepenuhnya, semua orang dapat ikut serta dan menikmati manfaatnya,” ujar Kepala Bagian Bahasa Goethe-Institut Indonesien Sonja Stoll.

Ruang kelas virtual yang ditawarkan menyerupai kelas tatap muka Goethe-Institut. Melalui sebuah platform konferensi video berbasis web, para peserta kursus dapat berinteraksi dengan guru serta sesama peserta, dan mengerjakan tugas kelompok dari rumah masing-masing. Para peserta akan dapat melatih keterampilan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Jerman. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT