20 May 2020, 05:15 WIB

Kelanjutan Seri A akan Diputuskan Pada 28 Mei


Widhoroso | Sepak Bola

WALAU klub-klub Seri A telah diizinkan menggelar menggelar latihan, namun belum ada kepastian kapan kompetisi sepak bola tertinggi di Italia itu yang terhenti sejak Maret lalu bisa kembali bergulir. Keputusan apakah Seri A musim ini akan dilanjutkan atau tidka akan diambil pada 28 Mei mendatang.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengatakan pemerintah telah menerima protokol kesehatan yang telah direvisi Federasi Sepakbola Italia (FIGC). Menurutnya, Komite Teknis Ilmiah telah menyetujui protokol FIGC untuk dimulainya kembali pelatihan tim.

"Ini adalah berita bagus bahwa pelatihan kolektif sekarang dapat dilanjutkan. FIGC telah mengkaji proposal pertamanya dengan klarifikasi tentang waktu karantina jika ada hasil positif dalam tes koronoa yang dilakukan," jelasnya Selasa (19/5).

Spadafora menambahkan telah merencanakan pertemuan pada 28 Mei dengan Presiden FIGC Gabriele Gravina dan Ketua Serie A Lega Paolo Dal Pino untuk memutuskan kembalinya kompetisi. "Kami kemudian akan memutuskan apakah dan kapan Serie A akan dimulai kembali," katanya.

"Yang penting adalah memulai kembali dengan niat kuat untuk menyelesaikan kompetisi, maka federasi akan memutuskan segalanya termasuk format yang akan dipakai," imbuhnya.

Presiden FIGC Gravina memuji keputusan itu sebagai langkah yang menentukan untuk memulai kembali sepakbola di Italia. Kompetisi Seri A Italia telah ditunda sejak 9 Maret di tengah pandemi yang telah menewaskan lebih dari 32.000 orang di Italia.

Tim Serie A telah berlatih secara individu sejak 4 Mei, dan berharap  untuk kembali ke kompetisi pada 13 Juni. (R-1)

BERITA TERKAIT