20 May 2020, 03:10 WIB

Kasir Positif Covid-19, Ratusan Karyawan Supermarket Jalani Rapid


Puji Santoso | Nusantara

RATUSAN karyawan Brastagi Supermarket di Medan, Sumatera Utara menjalani rapid test, Selasa (19/5) setelah salah seorang karyawannya dinyatakan positif Covid-19. Dari 108 yang menjalani rapid test, 14  diantaranya dinyatakan reaktif.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi mengatakan rapid test dilakukan setelah adanya salah seorang karyawan yang bertugas sebagai kasir di supermarket itu dirawat di ruang isolasi di satu rumah sakit di Medan karena positif Covid-19 berdasarkan hasil swab.

"Atas dasar itu, kita harus melakukan tracing. Melacak semua orang yang pernah kontak erat. Yang berhubungan langsung. Yang kontak erat kita betul-betul memastikan apakah ada yang terpapar. Kalau ada yang positif kita langsung lakukan swab," ucap Edwin.

Untuk operasional supermarket, sejauh ini lanjut Edwin belum  ada keputusan apakah ditutup sementara atau tetap dibuka. "Nanti kita lihat perkembangan, kalau memang banyak paparan dan resiko penularan kita akan pertimbangkan supermarkert itu ditutup sementara untuk memutus penyebaran Covid 19," sebutnya.

Sementara itu, Manager HRD Brastagi Supermarket, Harlen Lubis mengatakan karyawan Berastagi Supermarket Medan berinisial YS yang dinyatakan positif Covid 19 tidak tertular dari lokasi kerja. Menurut dia, YS tertular dari tempat kosnya yang tak jauh dari Brastagi Supermarket.

Mengenai penutupan operasional Brastagi Supermarket, Harlen mengatakan akan menunggu hasil rapid test pegawai yang dilakukan Gugus Tugas dan
Dinas Kesehatan Kota Medan dan juga berkoordinasi dengan pihak  manajemen. "Kita akan koordinasi ke pusat. Karena saya sendiri juga akan takut bilamana ada yang positif di dalam supermarket," pungkasnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT