20 May 2020, 01:25 WIB

Antre Dapatkan BST, Warga Abaikan Protokol Kesehatan


Kristiadi | Nusantara

PENYALURAN bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp600 ribu di Kelurahan Karsamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (19/5) mengabaikan protokol kesehatan Covid-19. Warga yang menerima bantuan berdesak-desakan saat mengantri.

Lurah Karsamenak, Yudi Kusumahadi mengatakan pihaknya mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk menahan antusiasme warga yang ingin mencairkan bansos. "Untuk pembagian bansos yang dilakukan di Karsamenak mendapatkan kuota 1.508 KK. Namun, waktunya satu hari harus selesai," katanya, Selasa (19/5)

Yudi mengatakan, pihak kelurahan sebenarnya telah membuat mekanisme pendistribusian agar tertib dan tetap sesuai protokol kesehatan yaotu pembagian dilakukan dalam beberapa shift, yaitu dari pagi hingga sore. Sementara masyarakat yang belum mendapatkan giliran dapat kembali lagi pada malam hari selepas Magrib.

"Petugas di kelurahan sudah memasang tali pembatas agar warga tetap menjaga jarak selama mengantre di luar kantor kelurahan. Akan tetapi, semua mau didahulukan dan mereka tidak ada yang mau mengalah meski kita meski kitra sudah meminta warga menjaga jarak," ujarnya.

Menurutnya, pihak kelurahan menerapkan protokol kesehatan di dalam kantor dengan membatasi warga yang masuk. Warga yang masuk kantor kelurahan tetap harus menjaga jarak.

"Antrean di luar kantor kelurahan yang berdesak-desakan. Petugas yang jumlahnya tidak sebanding dengan warga tidak bisa berbuat banyak untuk menertibkan antrean," paparnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT