19 May 2020, 21:32 WIB

Cek Pembelian APD di Sarolangun, Jaksa belum Temukan Kejanggalan


Solmi | Nusantara

KEJAKSAAN Negeri Sarolangun, Jambi, mengecek pembelian alat pelindung diri (APD) yang menggunakan dana penanganan virus korona atau covid-19 oleh Dinas Kesehatan Sarolangun.

Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Sarolangun Dasri, Selasa (19/5), menjelaskan pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari langkah pendampingan agar realisasi belanja anggaran penanganan covid-19 tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan.

Baca juga: Pemprov Jatim Batalkan Takbir dan Salat Id di Masjid Al Akbar

"Sampai saat ini kita belum menemukan ada kejanggalan apapun. Kita tetap minta kepada pihak terkait agar melakukan audit harga barang yang sudah dibeli karena harga ini bisa berubah sewaktu-waktu," sebut Dasri.

Baca juga: Adang Travel Masuk Sumbar, Wagub: Tidak Ada Tipu-Tipu Saya

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sarolangun Harta Saputra mengatakan total anggaran covid-19 mencapai Rp2,1 miliar.

"Untuk yang sudah kita belanjakan lebih kurang mencapai Rp1,7 miliar. Jadi masih terdapat beberapa item APD yang belum dibeli," jelasnya.

Barang hasil belanjaan antara lain berupa masker 1.500 box, masker scuba 20.000 unit, APD 400 set, disinfektan 500 Liter, hand sanitizer 400 botol. "Namun untuk perlengkapan jenazah belum kita beli karena harganya sangat jauh dari perkiraan, dan kita masih menunggu petunjuk selanjutnya." (X-15)

BERITA TERKAIT