19 May 2020, 21:28 WIB

Food bloggers dan Yummybox Luncurkan Aksi Donasi Makanan Sehat


Retno Hemawati | Humaniora

SITUASI Covid-19 yang semakin meluas terutama di Jakarta berdampak besar terhadap kesehatan serta ekonomi masyarakat Indonesia. Di luar sektor kesehatan, dampak terbesar tentu terasa bagi pekerja informal yang bekerja keras mencari penghasilan harian dan kehilangan nafkah untuk keluarganya dengan diterapkannya PSBB dan larangan mudik. Di bulan Ramadhan ini tentu akan semakin sulit bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan utama seperti makanan untuk keluarga.

Food bloggers Indonesia bersama Yummybox mengajak masyarakat untuk berdonasi menyediakan makanan sehat, bersih dan bergizi bagi para pekerja informal dan keluarganya yang terdampak Covid-19. Pekerja informal meliputi Pedagang Asongan/ Kaki lima, Tukang Parkir Pinggir Jalan, Buruh Harian, Pedagang Makanan Keliling, Tukang Bangunan, Pengumpul Barang Bekas, Tukang Reparasi, Penarik Angkutan Umum, Pedagang warung, Tukang Sampah, Supir ojol maupun taksi dan lainnya yang bisa jadi situasi saat ini menjadi cobaan terberat di kehidupan mereka.

Siapapun dapat berpartisipasi dalam aksi sosial ini dengan menyalurkan donasi berapa saja melalui tiga crowdfunding platform yaitu kitabisa.com, pedulisehat.id, benihbaik.com.

Marbio Suntanu, Managing Director Yummy Corp mengatakan “Kami percaya banyak masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari di masa pandemi ini, program makanan sehat bersama Food Bloggers Indonesia ini diharapkan menjadi suatu jalur donasi yang berdampak langsung. Dana terkumpul ini kami harapkan dapat membantu Indonesia melalui masa sulit ini.”

Gitta Amelia, salah satu food bloggers Indonesia mengatakan “Saya percaya bahwa ini adalah inisiatif baik karena manusia layak mendapat makanan bergizi daripada hanya makanan. Ada sesuatu yang memanusiakan tentang makan sepiring sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks yang memberi optimisme tentang kehidupan.”

Felix Setiawan, food bloggers Indonesia yang turut berpartisipasi mengatakan “Aksi donasi ini kami harapkan dapat berjalan dan masyarakat tergerak untuk bahu membahu karena banyak para pekerja informal saat ini yang membutuhkan makanan sehat dan bergizi untuk bertahan hidup.”  

Untuk distribusi makanan Yummybox bekerjasama dengan lembaga nirlaba seperti Koalisi Perempuan Indonesia dan Yayasan Peduli Sehat untuk mendata keluarga yang akan menerima donasi makanan sehat bergizi setiap harinya. Paket makanan sehat bergizi ini tidak hanya diberikan satu kali saja namun berlangsung untuk satu bulan ke depan untuk satu keluarga.

“Donasi yang terkumpul akan dikonversikan menjadi makanan sehat bergizi untuk makan siang dan malam 1 keluarga yang terdiri dari 4 orang selama minimal 30 hari kedepan. Karena kami paham bantuan berkelangsungan seperti ini akan lebih membantu mereka untuk fokus bekerja dan mengumpulkan penghasilan hingga situasi kembali normal,” tambah Marbio.

Sebelumnya Yummybox telah sukses menggalang dana “ Ayam Balado Bala Bantuan “ untuk para pekerja medis. Sekitar 3.558 paket makanan sehat bergizi telah didistribusikan tiap minggunya ke pekerja medis di RSPI Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, RSUD Pasar Minggu, dan RS Mampang Prapatan.

Aksi donasi yang diluncurkan di bulan Ramadan ini juga menjadi kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah dan berbagi kebahagiaan untuk sesama. Mari ikut serta berdonasi untuk makanan sehat di  https://linktr.ee/aksidonasi10jtmakanansehat. (RO/OL-12)

BERITA TERKAIT