19 May 2020, 21:09 WIB

Ini Sejumlah Fitur Baru di Instagram yang Patut Anda Ketahui


Fathurrozak | Weekend

 

 

PLATFORM berbagi foto, Instagram baru saja meluncurkan beberapa serangkaian fitur terbarunya. Salah satu yang cukup menarik tentu ialah fitur filter komentar yang bisa dilakukan secara otomatis.

Instagram mengumumkan beberapa pembaruan fitur di platform mereka. Tujuannya ialah untuk mendukung kesejahteraan penggunanya. Dari beberapa fitur tersebut, ada yang hanya ditujukan bagi kalangan tertentu, dan ada yang bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna Instagram. Berikut fitur-fitur baru yang diumumkan Instagram pada Selasa, (19/5) .

1.Guides (Instagram Wellness Guides)

Fitur ini tidak bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna. Fitur Guides ditujukan untuk menyajikan panduan yang bermuatan konten positif. Saat ini, Instagram menggandeng komunitas anti-perisakan Sudangdong, dan aplikasi kesehatan mental Riliv, dan Ariel Tatum untuk mengisi konten Guides. Fitur Guides nantinya juga akan muncul di tab eksplor, dan bisa juga dicek di akun ketiga kolaborator.

“Guides berisi kumpulan konten yang bisa membantu menenangkan dan menjadi panduan kesehatan mental. Fitur ini juga bisa mendukung atau menyemangati pengguna dalam melewati masa pandemi ini,” ungkap Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik Philip Chua, dalam konferensi pers #RealTalk Instagram, Selasa, (19/5).

“Fitur ini kita berikan untuk organisasi dan kreator yang kredibel. Untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap isu tertentu. Jadi Guides tidak bisa digunakan oleh semua pengguna (untuk membuat),” tambah Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik Putri Silalahi.

2. Manage Comments

Dalam fitur ini, pengguna bisa menghapus komentar negatif. Menurut Philip, pengguna tinggal mengklik ikon tiga titik di sudut atas. Nantinya, pengguna dapat mengatur komentar yang tidak diinginkan di unggahan mereka.

“Kami ingin pastikan pengguna di Indonesia terus mendapatkan pengalaman positif dan bermakna saat menggunakan Instagram. Yang bertujuan jaga kesejahteraan (well being) pengguna kami,” papar Putri.

“Kontrol komentar nantinya akan memberikan kendali penuh terhadap pemilik akun. Komentar atau kata apa saja yang tidak ingin dimunculkan. Misalkan kata tertentu, lalu dimasukkan ke filter komentar, secara otomatis nanti tidak muncul baik di kolom komentar maupun pesan langsung (direct message). Bisa juga dilakukan secara manual. Nantinya juga ada machine learning yang kami kembangkan untuk mendeteksi kata yang bersifat menyerang, nantinya bisa hapus secara otomatis oleh Instagram,” lanjut Putri.

3. Pin Your Favorite Comment

Bila fitur manage comment memungkinkan untuk menghapus komentar yang tidak diinginkan pemilik akun di unggahan mereka, maka fitur Pin Your Favorite Comment menjadi kebalikannya. Fitur ini akan mengakomodasi para pemilik akun Instagram untuk bisa menampilkan komentar favorit menjadi yang teratas.

4. Tag and Mentions Controls

Instagram kembali meluncurkan fitur yang dapat memungkinkan pengguna untuk membatasi dan mengelola interaksi di Instagram. Sebelumnya Instagram memiliki fitur restrict (batasi) yang diungkapkan Putri sebagai respons atas kasus permasalahan anak muda yang mengalami perisakan.

 “Mereka bilang kalau ada yang bully mereka enggak bisa block. Takut mendapat perlakuan balasan di sekolah. Karena block pun enggak bisa, sedangkan kalau enggak di-block bisa mengganggu kenyamanan, maka muncul fitur batasi. Pengguna bisa membatasi komentar yang ditulis oleh akun lain di unggahan mereka.”

Sebelumnya, Instagram juga sudah meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hide akun tertentu di Instagram Story, sehingga unggahan tidak bisa dilihat oleh akun yang disembunyikan oleh pengguna.

Untuk fitur terbaru yang diluncurkan kali ini, yakni Tag and Mentions Controls, fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur siapa saja yang orang yang bisa menandai atau menyebut di unggahan Instagram. (M-4)

BERITA TERKAIT