19 May 2020, 19:55 WIB

Pasien Sembuh di Klaten Bertambah 4 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

Empat pasien positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang dirawat di rumah sakit dinyatakan sembuh pada Selasa (19/5).

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo mengatakan tiga dari empat pasien positif virus covid-19 yang dinyatakan sembuh adalah laki-laki dan satu pasien lainnya perempuan.

Keempat pasien positif yang sembuh setelah menjalani perawatan di RS Bagas Waras dan RSUP Soeradji Tirtonegoro ialah PH, 36, tinggal di Kecamatan Jogonalan; AZM, 21 (Manisrenggo); HP, 36 (Wonosari); dan S, 62 (Kebonarum).

Menurut Cahyono yang juga Kepala Dinas Kesehatan Klaten, dua dari empat pasien positif yang dinyatakan sembuh, yaitu HP dan AZM, merupakan klaster ijtima di Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Masuk Zona Hijau Majalengka Gelar Sholat Ied

"Mereka dinyatakan sembuh setelah dua dilakukan pemeriksaan terakhir dan hasilnya negatif covid-19. Namun, meski pasien diperbolehkan pulang, tapi mereka tetap harus menaati protokol kesehatan, serta mengisolasi diri selama 14 hari," ujar Cahyono, Selasa (19/5).

Sementara itu, ada penambahan satu kasus pasien yang terkonfirmasi positif virus covid-19.

"Pasien dirawat di RSJD Soedjarwadi, Inisialnya S, 38 tahun. Dia merupakan warga Kecamatan Bayat," tutur Cahyono.

Pasien tersebut kemungkinan tertular covid-19 ketika tinggal dan bekerja di Jakarta. Untuk pencegahan penyebaran, Satgas telah melakukan pelacakan orang-orang yang pernah kontak dengan pasien dan akan segera dilakukan rapid test.

Sembuhnya empat pasien positif ini menyusul delapan pasien sembuh sebelumnya. Jadi, pasien yang sembuh 12 orang dari total 20 pasien positif di Klaten.

"Saat ini, pasien positif covid-19 yang dirawat di rumah sakit ada 8 orang," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT