19 May 2020, 19:20 WIB

Keluar Rumah Tanpa Masker, Warga Babel akan Ditindak


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menindak tegas masyarakat yang keluar rumah tidak menggunakan masker. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol covid-19.

Tindakan tegas tersebut akan diterapkan saat razia yang dilakukan pihak kepolisian bersama Satpol Pamong Praja (PP) dalam menjalankan perintah Gubernur Babel dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19 di Babel.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan pemerintah akan menyusun aturan tersebut. Nanti ada tindakan fisik dilakukan oleh petugas terhadap setiap warga yang tidak memakai  masker saat keluar rumah atau saat menggunakan kendaraan bermotor.

"Kami sedang menyusun itu. Mulai besok pihak kepolisian itu bersama Pol PP dan petugas Satgas melakukan tindakan secara fisik," jelas Erzaldi, Selasa (19/5).

Baca juga: Lebaran: Permintaan Kue Kering di Banyuwangi Meningkat

Dia juga menginginkan setiap warga yang naik kendaraan bermotor, tapi tidak memakai masker dirazia oleh polisi.

"Ada penertiban pemakaian masker. Nanti, kami akan mengadakan razia. Setiap orang yang pakai motor harus menggunakan masker. Jadi, masker adalah suatu perlengkapan sama kayak helm," ujarnya.

Selain itu, Erzaldi juga mengharapkan tempat-tempat ibadah tetap melaksanakan protokol pencegahan covid-19.

"Tempat ibadah yang tidak melaksanakan protokol covid-19, nanti diberikan surat peringatan pertama kedua dan ketiga. Kami akan tutup kalau tidak melaksanakan protokol covid dan pengurusnya harus bertanggung jawab dalam upaya pelonggaran ini," tegas Erzaldi. (OL-14)

BERITA TERKAIT