19 May 2020, 18:15 WIB

Anies: Jika Disiplin, PSBB Tahap ke-3 jadi Perpanjangan Terakhir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang hingga 4 Juni. Ia mengatakan jika masyarakat semakin disiplin, PSBB tahap 3 bisa menjadi yang terakhir dilaksanakan di Ibukota.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Selasa (19/5).

Anies mengungkapkan saat ini angka reproductions number atau angka penularan virus korona di Jakarta telah turun dari 4 pada Maret menjadi 1,1 saat ini.

Ia pun ingin agar angka ini turun di bawah 1 selama fase PSBB ketiga ini. Jika itu terjadi, ia pun menegaskan PSBB kali ini akan menjadi yang terakhir.

"Insha Allah kalau dalam dua pekan ini kita pantau angka ini bisa di bawah 1, maka ini akan jadi yang terakhir," ungkap Anies.

Selama masa PSBB tahap 3 ini, masyarakat pun diminta semakin disipilin. Masyarakat diminta tidak keluar rumah tanpa urusan yang penting, tidak berkumpul dan berkurumun, gunakan masker dan segera memelihara hidup bersih.

"Kita pantau dalam dua pekan ini, apakah kurvanya akan datar, naik atau menurun," tegasnya.

Perlu kerja dan keseriusan bersama-sama untuk membuat hal itu terwujud. Menurutnya semua pihak harus serius dan disiplin dalam menjalankan PSBB tahap 3.

"Ini kerja kolosalm bukan kerja sendiri. Saya berterima kasih kepada yang sudah mau berada di rumah, ini juga berkat kerja tenaga medis yang sudah melakukan pekerjaannya dan bagi warga yan gjuga mau mengisolasi mandiri di rumah. Tanpa semua itu kita tidak akan ada di fase ini," tuturnya.

PSBB di Jakarta sudah dilakukan sejak 9 April lalu hingga 23 April. Kemudian PSBB diperpanjang hingga 22 Mei.(OL-4)

BERITA TERKAIT