19 May 2020, 17:45 WIB

Sah! Anies Perpanjang PSBB di DKI hingga 4 Juni


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta secara resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 14 hari hingga 4 Juni mendatang. Perpanjangan ini dilakukan berdasarkan data masih banyaknya penularan yang terjadi di Jakarta.

"Dengan ini kami Pemprov DKI Jakarta memperpanjang PSBB untuk 14 hari ke depan sampai 4 Juni," kata Anies dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring pada Selasa (19/5).

Baca juga:Onda Sumbang Perangkat Air untuk Dua Masjid Raya di DKI

PSBB di Jakarta sudah dilakukan sejak 9 April lalu hingga 23 April. Kemudian PSBB diperpanjang hingga 22 Mei nanti.

Anies mengatakan saat ini tingkat penularan atau R0 Jakarta telah berada di angkat 1,1 atau 1 orang positif covid-19 menulari 1 orang. Angka R0 ini menurun dari sebelumnya mencapai 4 pada Maret. "Angka R0 ini harusnya di bawah satu. Karena bila masih satu koma artinya masih ada penularan. Sementara bila di bawah satu bisa dikatakan tidak ada penularan," ujarnya.

Angka R0 DKI saat ini bisa turun drastis dari 4 pada Maret menjadi 1,1 dikatakan Anies disebabkan kontribusi masyarakat yang sudah patuh terhadap aturan PSBB.

Baca juga: PMJ Bakal Tindak Tegas Pembuat Surat Izin Keluar Masuk Ilegal

"Ada 60% warga yang berada di rumah. Ini sungguh luar biasa. Dengan 60% warga ada di rumah, R0 kita bisa turun sampai 1. Kita targetkan bisa 70%-80% supaya ini bisa di bawah 1 dua pekan lagi," terangnya. (Put/A-3)

BERITA TERKAIT