19 May 2020, 16:05 WIB

PMJ Imbau Masyarakat Bisa Tahan Diri Soal Mudik


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

Hingga kini, Operasi Ketupat 2020 masih berlangsung sejak 24 April dan rencananya akan terus berjalan sampai H+7 lebaran.

Kabid Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Yusri Yunus mengimbau masyarakat untuk bisa menahan diri dan tetap diam di rumah menjelang Idul Fitri 1441 H.

Yusri juga meminta masyarakat khusus Jabodetabek untuk tidak mudik dan bersilaturahmi secara virtual. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

“Situasi penyebaran covid-19 makin meninggi. Kita harapkan masyarakat ini bisa tahan diri. Bisa bertahan di rumah saja. Gunakan teknologi sekarang kalau kangen sama keluarganya. Gunakan virtual saja," tutur Yusri, Selasa (19/5).

Baca juga: Pria Dominasi Positif Covid-19 yang Meninggal di Depok

Yusri menegaskan bahwa kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlaku dan larangan mudik juga masih berlaku.

PMJ sejauh ini telah mendirikan 18 check point di pelbagai wilayah demi mengawasi aktivitas adanya potensi pemudik bandel.

PMJ juga sudah menyiapkan pos terpadu PSBB yang akan memantau aktivitas warga di luar rumah.

"Ada beberapa pos-pos pantau selama diberlakukannya PSBB dengan dasar Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020. Kami juga menyiapkan beberapa titik penjagaan dan pemantauan bagi para pelanggar, yang kita harapkan kepada masyarakat bisa sadar bahwa upaya untuk memutus pandemi covid-19 adalah dengan cara physical distancing atau di rumah saja," ungkap Yusri. (OL-14)

BERITA TERKAIT