19 May 2020, 13:53 WIB

​​​​​​​Ada Saingan, Pelaksana Kartu Prakerja Ajak Kolaborasi


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

DIREKTUR Ekskutif Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Purbasari, mengajak berbagai pihak yang mampu menyediakan dan menyusun modul pelatihan untuk bergabung ke dalam ekosistem program Kartu Prakerja.

Hal itu ia nyatakan saat disinggung soal munculnya berbagai situs yang memberikan program pelatihan secara gratis kepada masyarakat luas.

"Ekosistem kami itu terbuka. Jadi kami ingin mengajak kepada semua yang memiliki skill dan memiliki waktu untuk menyusun modul, tolong kemudian berkenan untuk join di ekosistem Kartu Prakerja," ujar Denni dalam talkshow bertema 'Berita Terkini Layanan Kartu Prakerja' secara daring di Jakarta, Selasa (19/5).

Ia menambahkan, dalam program Kartu Prakerja yang dibentuk pemerintah, penyusun modul pelatihan juga dapat memberikan pelatihannya tanpa tarif kepada peserta. Masuknya pelatihan tidak berbayar ke dalam Kartu Prakerja dinilai akan meningkatkan produktivitas peserta pelatihan yang saldo pelatihannya telah habis digunakan.

"Sebenarnya, saat ini pun di salah satu platform ada juga pelatihan yang Rp0, jadi sudah ada yang gratis," imbuh Denni.

"Jadi kita tidak perlu beristegang, tapi kita berkolaborasi, bareng-bareng dan memberikan sesuatu yang bernilai buat memberikan saudara kita yang terdampak covid ini," pungkasnya.

Baca juga: AIRIN Minta Polisi Usut Dugaan Korupsi Kartu Prakerja

Seperti diberitakan sebelumnya, bentuk kritik pada program Kartu Prakerja kian nyata. Hal itu terlihat dari adanya situs prakerja.org yang menyediakan berbagai pelatihan dengan 5 kategori yakni wirausaha, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi dan bisnis digital. Berbagai pelatihan tersebut dapat diakses seluruh masyarakat secara gratis.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu Prakerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami di admin@prakerja.org," tulis penjelasan di laman prakerja.org yang diakses Media Indonesia, Selasa (19/5).

Dalam laman utamanya, prakerja.org menyatakan pelatihan diberikan secara gratis dengan kualitas pelatihan yang bersaing dengan pelatihan berbayar serta membuka semua pihak berkontribusi memberikan pelatihan gratis. (A-2)

 

 

BERITA TERKAIT