19 May 2020, 13:45 WIB

206 Pekerja Migran Indonesia Diisolasi di Asrama Haji Pondok Gede


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Sebanyak 206 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tengah diisolasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Menurut Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, 206 PMI itu pulang dari negara yang terdampak covid-19.

"Dari 206 orang, 114 PMI dari Hongkong dan Singapura," kata Yudo dalam laporannya, Jakarta, Selasa (19/5).

Lalu, 46 PMI dari Korea Selatan dan 46 lagi PMI dari Malaysia. Menurut Yudo, selama isolasi, mereka tidak diperkenankan dijenguk oleh keluarga atau orang lain.

Bagi warga yang ingin memberikan makanan, bisa dititipkan oleh petugas yang berjaga. Hal ini untuk mencegah penularan covid-19.

Baca juga: Tingkat Kematian Pasien Covid-19 Jakarta Tertinggi No.4 Di Dunia

"Tidak boleh ada yang berkunjung. Tempatnya kan sudah terpagar tinggi, sehingga tidak bisa berinteraksi dengan warga," jelas Yudo.

Ia juga menampik, tidak ada warga yang pingsan sebelum masuk ke Asrama Haji Pondok Gede. "Tidak ada laporan itu. Mungkin kelelahan," kata Yudo.

PMI yang yang tengah diisolasi di asrama tersebut apabila terjangkit covid-19, bakal dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Namun apabila negatif berdasarkan pemeriksaan covid-19, mereka dipulangkan ke tempat masing-masing.

Yudo juga mengabarkan tentang keberadaan 193 warga yang dikarantina di Asrama Haji Bekasi. Hampir semuanya dipulangkan ke daerah asalnya karena dinyatakan negatif covid-19.

"Ada 1 orang melarikan diri dan 1 orang izin pulang," tandas Yudo. (OL-14)

BERITA TERKAIT