19 May 2020, 12:36 WIB

Ribuan PNS di Flores Timur Mulai Cairkan THR


Ferdinandus Rabu | Nusantara

LEBIH dari 5.000 PNS di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mulai mencairkan tunjangan hari raya (THR) di Bank NTT cabang Larantuka sejak Jumat (15/5) lalu. Ratusan PNS pun tampak mengantre di luar untuk menjaga jarak sambil menunggu giliran masuk dan mennepati tempat duduk yang sudah diatur petugas sesuai protap kesehatan penangan covid-19. 

"Iya benar, saat ini sedang dilakukan pencairan THR bagi para PNS. Data kami mencatat sebanyak 5.190 PNS yang ada di Flores Timur yang akan terima THR melalui Bank NTT. Penyaluran sudah dilakukan sejak hari Jumat (15/5) lalu dan rencananya pelayanan akan dilakukan hingga Rabu (20/5). Selama pandemi ini, jumlah kunjungan nasabah cukup tinggi untuk melakukan transaksi baik itu transaski pengiriman atau pun penarikan uang,," kata Mathias Nara Tifaona, Wakil Pimpinan Bank NTT Cabang Larantuka, Selasa (19/5).

Terkait pelayanan bank di tengah pandemi covid-19 ini, Mathias menjelaskan bank tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19 di daerah ini, termasuk pengaturan jarak tempat duduk dan pembatasan jam pelayanan sesuai petunjuk dari direksi.

"Kami disini sudah atur jarak tempat duduk. Bagi nasabah yang datang diimbau untuk menjaga jarak dan duduk di tempat yang sudah ditentukan. Setiap petugas dan karyawan juga nasabah wajib menggunakan masker. Untuk teller dan custumer service (cs) wajib mengenakan masker dan sarung tangan saat melayani nasabah. Penerapan protokol kesehatan ini sudah berlangsung hapir dua bulan sejak Maret lalu," lanjut Mathias.

Sementara itu sejumlah PNS yang menerima THR pun mengaku senang dan bersyukur karena bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka di tengah pandemi covid-19 ini.

"Senang pak, walaupun antri cukup lama tapi tidak apa-apa. Kami bersyukur dan berterimakasih atas perhatian pemerintah untuk kami. Setidaknya bisa membantu kami untuk tambahan kebutuhan hidup kami di tengah corona ini," kata  Yustin Ketaus seorang PNS dari dinas Kominfo.

baca juga: Pemudik Dari Zona Merah Langsung Karantina Massal

PNS lainnya, Theresia Nitit yang juga sebagai kepala sekolah, mengakui hal yang sama. Ia bersyukur atas pencairan THR tersebut karena bisa membantu meringankan beban hidup keluarganya di tengah pandemi covid-19.

"Senang sekali pak, karena bisa meringankan beban hidup kami di tengah covid-19. Kesulitan kebutuhan dapat terbantu dengan adanya THR ini," kata Theresia. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT