19 May 2020, 12:31 WIB

Wapres: Meski Zona Hijau, Tetap Urungkan Salat Ied di Masjid


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden, Ma’ruf Amin, kembali meminta kepada seluruh kepala daerah untuk mengurungkan niatnya menyelenggarakan salat idul fitri di masjid dan lapangan. Hal ini untuk menghindari munculnya cluster-cluster baru penyebaran virus Covid-19.

“Sebaiknya salat di rumah saja untuk menghindari munculnya klaster baru,” kata Wapres seperti yang disebutkan Juru Bicara Wapres Masduki Baidowi ketika dihubungi, Selasa (19/5).

Baca juga: Jokowi Apresiasi Fatwa MUI di Masa Pandemi

Pernyataan Wapres diucapkan terkait adanya sejumlah wacana yang diungkapkan sejumlah kepala daerah untuk menyelenggarakan salat ied di luar rumah. Umumnya mereka beralasan bahwa hanya di daerah zona hijau yang bisa melakukan salat ied di masjid dan lapangan.

Namun demikian, Wapres berpandangan lain mengenai zona hijau ini. Dirinya menduga wilayah zona hijau bukan merupakan zona hijau sesungguhnya. 

“Disebut zona hijau karena di daerah tersebut pada umumnya adalah daerah yang belum maksimal dilakukan PCR test,” ujar Masduki.

Menurut Wapres, kegiatan ibadah yang mengumpulkan banyak orang harus dilarang selama pandemi Covid-19 belum mereda. Karena itu, Wapres juga meminta masyarakat meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan physical distancing di berbagai lini. Berhasil tidaknya bangsa ini mengatasi Covid-19 ini sangat tergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan kebijakan mengatasi Covid-19. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT