19 May 2020, 10:34 WIB

Kasus Covid-19 di Brasil Kini Tertinggi Ketiga di Dunia


Nur Aivanni | Internasional

KEMENTERIAN Kesehatan Brasil mengatakan jumlah kasus positif covid-19 di negara itu berjumlah 254.220, Senin (18/5). Jumlah kasus tersebut telah menyalip Inggris sehingga Brasil kini memiliki jumlah infeksi tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

Dikutip dari France24, Selasa (19/5), Brasil mencatat 674 kematian baru akibat covid-19 pada Senin (18/5). Total korban meninggal sebanyak 16.792, keenam tertinggi di dunia.

Tetapi para ahli mengatakan dengan pengujian untuk virus, angka sebenarnya bisa 15 kali lebih tinggi atau bahkan lebih.

Baca juga: Rep Ceko dan Slovakia Longgarkan Pembatasan Perjalanan

Negara dengan penduduk 210 juta orang itu terpecah oleh pertempuran politik tentang bagaimana merespons virus tersebut. Presiden Jair Bolsonaro meminta negara itu untuk kembali bekerja agar tidak mengalami kehancuran ekonomi.

Namun, otoritas negara bagian dan lokal meminta warga tinggal di rumah dan melakukan jaga jarak sosial. Hal tersebut pun didukung putusan Mahkamah Agung.

Pekan lalu, Menteri Kesehatan Nelson Teich mengundurkan diri. Ia menjadi pejabat kesehatan yang kedua yang meninggalkan jabatan sejak pandemi dimulai. Sebelumnya, Bolsonaro memecat menteri kesehatan yang pertama setelah secara terbuka memperjuangkan langkah-langkah tinggal di rumah.

Sementara itu, rumah sakit di beberapa daerah beroperasi hampir dengan kapasitas penuh dan kota-kota yang paling terpukul telah mulai mengubur para korban di kuburan massal, bahkan ketika jumlah infeksi terus meningkat. (OL-1)

BERITA TERKAIT