19 May 2020, 09:12 WIB

Rep Ceko dan Slovakia Longgarkan Pembatasan Perjalanan


Basuki Eka Purnama | Internasional

REP Ceko dan Slovakia, Senin (18/5), mulai melonggarkan pembatasan perjalanan yang diterapkan untuk mengatasi pandemi covid-19.

Kedua negara pecahan Czechoslovakia itu merupakan bagian dari negara Uni Eropa yang sukses menekan angka penyebaran kasus covid-19.

Mulai 21 Mei, warga Slovakia akan bisa melakukan perjalanan ke Austraia, Kroasia, Rep Ceko, Jerman, Hongaria, Polandia, Slovenia, dan Swiss selama 24 jam tanpa harus menjalanlan karantina.

Baca juga: Separuh Anggota Senat dan Empat Menteri Cile Jalani Karantina

Mereka juga tidak perlu menunjukkan hasil tes negatif covid-19 saat kembali ke negara yang mencatatkan 1.495 kasus covid-19 dan 28 kematian per Senin (18/5) itu.

Adapun Rep Ceko yang melaporkan 8.500 kasus covid-19 dan 297 kematian per Senin (18/5) mengatakan akan membuka kembali perbatasan dengan melakukan random checking mulai 26 Mei.

"Saya mengusulkan agar mulai 8 Juni, penduduk dari negara risiko rendah seperti Austria, Kroasia, atau Slovakia bisa masuk ke Rep Ceko tanpa harus menunjukkan surat negatif covid-19," ujar Menteri Kesehatan Rep Ceko Adam Vojtech.

Perdana Menteri Slovakia Igor Matovic mengatakan masker tidak lagi wajib mulai 20 Mei kecuali di toko, kantor, dan transportasi publik. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT