19 May 2020, 07:02 WIB

Kunjungan ke Borobudur Prambanan Akan Normal Pada September 2021


Agus Utantoro | Nusantara

PENGELOLA kawasan wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko akan kembali membuka tiga candi tersebut untuk kunjungan wisata setelah hampir tiga bula tutup karena pandemi covid-19. Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko  mengatakan, saat ini sedang dipersiapkan prosedur kunjungan wisata di tiga candi tersebut, serta kunjungan di pentas Sendratari Ramayana sesuai dengan SOP New Normal.

Ditemui di sela-sela pemberian bantuan untuk seniman yang selama ini pentas di Prambanan, Edi Setijono mengatakan perusahaan milik negara ini secara ketat akan menerapkan prosedur baku yang sesuai dengan protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19. Terlebih sejak ada wabah PT TWC telah menutup tiga situs candi tersebut. 

"Dan sejak Januari, pendapatan kami turun secara signifikan. Bahkan kemudian dengan penutupan itu pendapatan nol rupiah," kata Edi Setijono, Senin (18/5).

Ia mengemukakan, dengan perkembangan yang sekarang, maka PT TWC akan kembali membuka kunjungan di tiga candi tersebut mulai 1 Juni mendatang.

"Saat pembukaan kembali itu, wisatawan maupun pengelola dan orang-orang yang terkait dengan pariwisata di tiga candi ini akan mengikuti SOP yang baru yang menyesuaikan dengan new normal," tambahnya.

Lebih lanjut Edy Setijono mengatakan petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh wisatawan, menerapkan physical distancing, menyediakan hand washing stations tiap 100 meter, information board protocol Covid-19.

"Dalam new normal ini, jelasnya, wisatawan masuk akan dicek suhu tubuhnya, harus cuci tangan, harus mengikuti petunjuk arah kunjungan dan tidak boleh membawa makanan," katanya.

Dengan pembukaan kunjungan mulai 1 Juni diharapkan secara perlahan roda perekonomian dan bisnis di kawasan destinasi wisata ini akan kembali normal dan diharapkan pada September mulai pulih atau rebound.

baca juga: Jelang Lebaran, Rapid Test Massal akan Digelar di Balikpapan

"Kunjungan mulai Oktober, November dan Desember meningkat.Tahun depan 2021 sudah sepenuhnya normal," terang Edi.  

Ia menegaskan, PT TWC akan memastikan bahwa Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, aman untuk kunjungan wisata. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT