19 May 2020, 06:42 WIB

Moderna Laporkan Perkembangan Menjanjikan Tes Vaksin Covid-19


Basuki Eka Purnama, Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PERUSAHAAN bioteknologi Amerika Serikat (AS), Moderna, Senin (18/5), melaporkan hasil menjanjikan dari pengujian awal vaksin covid-19 yang dilakukan pada sejumlah relawan.

Perusahaan yang bermarkas di Cambridge, Massachusetts itu mengatakan kandidat vaksin covid-19, mRNA-1273, tampaknya berhasil memproduksi tanggapan imunitas pada delapan orang yang disuntikan vaksin itu sama dengan pasien yang telah pulih dari virus korona tersebut.

"Data fase 1 ini, meski masih dini, menunjukkan bahwa vaksin dengan mRNA-1273 menunjukkan tanggapan imunitas yang sama dengan yang dihasilkan dari infeksi alamiah," ujar Direktur Medis Moderna Tal Zaks.

Baca juga: Trump Sebut WHO Boneka Tiongkok

"Data ini membuktikan keyakinan kami bahwa mRNA-1273 memiliki potensi untuk mencegah penyakit covid-19. Hal itu juga meningkatkan kemampuan kami untuk memilih dosis yang tepat untuk uji coba berikutnya," imbuhnya.

Presiden AS Donald Trump menyambut kabar itu dengan mengatakan, "Itu luar biasa. Saya telah melihat hasilnya dan hasilnya luar biasa bagus. Saya sangat senang."

Moderna, yang didirikan sembilan tahun lalu, mengatakan vaksin itu secara umum aman dan bisa ditoleransi. Pasien hanya mengalami kulit kemerahan dan pegal-pegal pascadisuntik.

Pemerintah AS telah menginvestasikan setengah miliar dolar untuk pengembangan vaksin covid-19 oleh Moderna.

Vaksin itu dikembangkan Moderna bekerja sama dengan Institut Nasional Penyakit Alergi dan Menular yang dipimpin Anthony Fauci. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT