19 May 2020, 05:26 WIB

Jelang Lebaran, Rapid Test Massal akan Digelar di Balikpapan


Rudi Agung | Nusantara

MENJELANG Hari Raya Idul Fitri, Pemkot Balikpapan akan menggelar rapid test massal covid-19. Rapid test massal ini akan diprioritaskan untuk tokoh agama, petugas kesehatan, dan masyarakat yang rentan terinfeksi covid-19.

"Kita akan melakukan rapid test yang lebih besar menjelang Idul Fitri," ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Senin (18/5).

Ia juga mengingatkan pada pemuka agama untuk bersiap-siap mengikuti rangkaian test massal ini. Rapid test massal juga akan menyasar daerah-daerah episenter. Ia meminta kerja sama semua masyarakat Balikpapan dengan bersikap tenang.

"Jadi bagi imam, pendeta, pastur, petugas-petugas akan kita minta melakukan rapid test. Sekaligus beberapa kelompok masyarakat yang kita anggap rentan," jelas Rizal.

Rizal menjelaskan, ada 2.000 rapid test dari Pemprov Kalimantan Timur yang diberikan untuk Balikpapan. Saat ini Pemkot telah bersurat ke Pemerintah Provinsi agar bantuan rapid test itu bisa segera tiba.

baca juga: Balikpapan Izinkan Warga Salat Ied di Masjid

"Ada 2.000 rapid test dan akankita laksanakan secepatnya test secara massal dengan objek tertentu untuk mengantisipasi betul agar penyebaran Covid-19 bisa kita deteksi lebih dini," tambah Wali Kota. 

Selain Pemkot Balikpapan, Kodam VI Mulawarman juga akan melakukan rapid test terhadap masyarakat dengan jangkauan 250 orang peserta rapid test. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT