18 May 2020, 14:10 WIB

Tetap Berusaha Melayani Pelanggan di Saat Pendemi Covid-19


Eni Kartinah | Ekonomi

SALAH satu sektor yang paling terpukul akibat wabah covid-19 adalah perekonomian. Masyarakat kini mulai kesulitan untuk mencari barang-barang tertentu.

Untuk membantu masyarakat,  Super Indo yang merupakan jaringan supermarket di Indonesia berupaya mengatasi krisis ini dengan menerapkan strategi dan inisiatif yang menguntungkan masyarakat dengan membantu karyawan dan pelanggan, serta memastikan dampak positif ekonomi secara umum. Meski begitu mereka tetap menempatkan keselamatan dan kesehatan karyawan serta pelanggan sebagai fokus dan  prioritas utama.

Baca juga: Menkeu : Putusan Pelonggaran PSBB Berdasarkan Data

“Pandemi covid-19 masih terus berdampak pada keluarga dan komunitas di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Covid-19 menjadi peristiwa yang sangat disayangkan dan membuat kita semua kaget. Kami percaya bahwa yang terpenting adalah tetap fokus pada hal-hal positif dan pada perubahan yang memberikan manfaat. Kita semua terlibat dalam permasalahan ini, dan kita hanya bisa berhasil jika kita bersama. Kita percaya setiap  orang memainkan peran masing-masing,” kata Chief Executive Officer, Johan Boeijenga.

Sejak Pemerintah melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 ini, Super Indo juga telah melakukan berbagai upaya dalam seluruh kegiatan operasional sesuai dengan anjuran Pemerintah RI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Upaya itu dilakukan sebagai bentuk komitmen mereka kepada masyarakat untuk tetap bisa melayani dan memenuhi kebutuhan pokok serta barang penting lainnya.

“Sebagai salah satu industri yang harus tetap beroperasi untuk melayani kebutuhan masyarakat, kami berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan dan pelanggan kami dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Serta terus berkoordinasi dengan Pemerintah di tingkat kota dan provinsi untuk mencegah penyebaran,” tambah Head of Corporate Affairs & Sustainability, D. Yuvlinda Susanta.

Tindakan preventif yang dilakukan Super Indo guna mencegah penyebaran covid-19 yaitu penyedian materi komunikasi dan edukasi secara lengkap serta penerapan protokol kesehatan dan keamanan bagi karyawan dan pelanggan. Mereka antara lain melakukan pengecekan suhu tubuh, pembagian masker, dan vitamin kepada, penyemprotan cairan disinfektan, penggunaan masker, dan membatasi pengunjung yang berbelanja di dalam gerai, serta penyediaan tempat cuci tangan.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian, mereka juga menjalankan kegiatan Corporate Responsibility guna membantu Pemerintah, tenaga medis dan masyarakat yang terdampak secara kesehatan dan ekonomi melalui beberapa tahap. Pada tahap pertama, Super Indo telah memberikan bantuan kemanusiaan berupa sarung tangan medis serta susu siap minum untuk tenaga medis melalui Gugus Tugas Provinsi DKI Jakarta dan Rumah Sakit Persahabatan.

Lalu tahap selanjutnya, pada 20 Mei nanti mereka akan memberikan ambulance khusus infeksi yang dapat digunakan untuk penanganan pasien covid-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Agar donasi kemanusiaan dapat memberikan manfaat yang lebih luas, mereka juga bekerja sama dengan BenihBaik.com dalam distribusi bantuan ke tujuh wilayah yang terdampak cukup tinggi seperti  Banten, Jawa Barat, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, dan Lampung.

“Sebagai bentuk implementasi dari nilai perusahaan yaitu menjadi ‘tetangga yang lebih baik’, kami memberikan bantuan kemanusiaan yang didistribusikan melalui Pemerintah setempat, atau Gugus Tugas daerah.  Agar dapat terdistribusi lebih cepat, kami juga menggandeng BenihBaik.com yang dimotori oleh Andy F Noya. Bantuan diutamakan bagi tenaga medis  yang merupakan garda terdepan dan masyarakat yang terdampak parah,” ujar Yuvlinda. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT