18 May 2020, 20:25 WIB

Demi Transparansi, Identitas Penerima Bantuan Dibuka


Solmi | Nusantara

Guna menghindari kecurigaan dan demi mewujudkan transparansi, Pemerintah Desa Jebak, Kecamatan Muaratembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi mengumumkan secara terbuka para warga penerima manfaat dari sejumlah bantuan sosial (bansos) dari pemerintah selama
masa pandemi korona.

Penerima sejumlah bansos tersebut dipajang terbuka di Papan Informasi Desa. Jadi, identitas penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Batanghari Tunai
(BBT), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dapat diketahui semua warga.

"Transparansi ini adalah hasil musyawarah desa, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi bersama pihak terkait. Masyarakat bisa melihat dan koreksi, jika sampai ada penerima ganda," kata Sekdes Jebak, Muhammad Nuh, Senin (18/5).

Baca juga: Tiga Karyawan Positif Covid-19 Rita Pasaraya Wonosobo Tutup

Dia menjelaskan bansos yang dikucurkan pemerintah cukup banyak dan beragam. Masing-masing bansos memiliki petunjuk teknis yang berbeda dalam penyalurannya, sehingga pihaknya harus berjibaku melakukan verifikasi dan validasi data.

"Kita dari pemerintahan desa harus benar-benar jeli karena sumber dananya beda-beda. Di samping validasi data, kita juga harus sinkronisasi data agar tidak ada kepala keluarga yang terdata menerima dua jenis bansos atau lebih," sambungnya.

Sedangkan untuk jenis bantuan tunai berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), sebut Nuh, nama-nama penerimanya sudah diserahkan kepada bupati melalui camat untuk evaluasi. "Insya Allah dalam waktu dekat akan dicairkan," kata Nuh. (OL-14)

BERITA TERKAIT