18 May 2020, 19:01 WIB

Fraksi Golkar DPRD DKI Minta PSBB Jakarta Diperpanjang


Selamat Saragih | Megapolitan

PEMBATASAN Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta tahap kedua akan berakhir 22 Mei nanti. Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum ada keputusan, apakah PSBB tahap ketiga diperpanjang atau tidak.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco, meminta agar Pemprov DKI dapat memperpanjang PSBB. Hal tersebut penting mengingat kurva penularan dan penyebaran Covid-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

Baca juga: Penularan Melonjak di Sunter Agung akibat 30 WNA Positif Covid-19

"Saran saya kalau kita belum siap, PSBB tetap diberlakukan. Kan faktanya ketika dilonggarkan malah semakin banyak," kata Baco, di Jakarta, Senin (18/5).

Baco meminta Pemprov DKI jika memang ingin melakukan relaksasi atau pelonggaran PSBB, maka tetap harus mengedepankan protokol kesehatan dan penegakan hukum yang jelas.

"Jangan dilonggarkan tapi akhirnya mencelakakan rakyat, akhirnya pemerintah sengsara, rakyat sengsara, ekonomi makin lumpuh yang ujung-ujungnya lockdown sama dengan negara-negara lain," tegasnya.

Meski begitu, Baco meminta pemerintah untuk membuat keputusan PSBB dengan catatan berdasarkan kajian yang mendalam dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kalau itu sudah disiapkan, ya no problem. Kalau kita melonggarkan tentu perekonomian tumbuh. Namun, kalau virus corona semakin membludak, keluarga kita kena semua, apa untungnya?" tanya Baco dengan nada tinggi. (OL-6)

BERITA TERKAIT