18 May 2020, 17:30 WIB

Gandeng Industri, Kemen-PPPA Bantu Perempuan & Anak di Masa Wabah


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

PEREMPUAN dan anak jadi bagian dalam kelompok rentan di masa wabah covid-19. Untuk membantu keduanya, terutama yang ada di kalangan menengah ke bawah, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meluncurkan program Gerakan Bersama Jaga Keluarga Kita (#BERJARAK). 

Program yang berkolaborasi dengan dunia usaha itu memberikan perhatian kepada kelompok rentan dalam bentuk pemenuhan kebutuhan spesifik. Bentuk pemenuhan kebutuhan spesifik ini adalah  implementasi aksi kedua dari 10 aksi gerakan #BERJARAK, yaitu memastikan hak perempuan dan anak terpenuhi.

"Kami memberikan apresiasi tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada para perwakilan dunia usaha, organisasi perempuan, lembaga swadaya masyarakat, donator, dan relawan yang telah berkonstribusi terhadap pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak. Ini komitmen dari seluruh pihak yang siap bekerja bersama pemerintah mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak Indonesia,” ujar Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam keterangan tertulisnya. 

Salah satu pelaku usaha yang ikut dalam kolaborasi itu ialah Danone Indonesia yang memberikan 2.829 karton produk susu pertumbuhan anak usia 1 tahun keatas serta produk nutrisi ibu hamil, dan 6.000 produk air minum dalam bentuk paket sembako kepada Kementerian PPPA. 

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, masyarakat membutuhkan asupan hidrasi dan nutrisi untuk mendukung kondisi mereka selama menghadapi wabah covid-19. 

Baca Juga : Dari Istana, Jokowi Instruksikan Penguatan Puskesmas

"Pada saat seperti ini, kami menyadari produk kami dan juga berbagai kebutuhan pokok menjadi sangat penting tidak hanya bagi masyarakat secara umum, namun juga pasien dan tenaga kesehatan. Bantuan ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak di daerah-daerah yang terdampak penyebaran covid-19," ujar Vera.

Selain itu, Danone Indonesia juga menyalurkan bantuan melalui Kementerian Kesehatan berupa 2 unit ventilator, 10.000 Alat Pelindung Diri berupa coverall suite dan masker bedah yang akan didistribusikan bagi tenaga kesehatan dan Rumah Sakit yang membutuhkan. 

Vera menjelaskan Inisiatif bantuan untuk menghalau wabah covid-19 di Indonesia tersebut merupakan bagian dari bantuan Danone Indonesia melalui dua bisnisnya, Danone-Aqua dan Danone Specialized Nutrition dengan jumlah total sebesar Rp30 Miliar. 

Bantuan disalurkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, sejumlah bantuan ini  disalurkan dalam bentuk uang tunai, alat kesehatan dan keselamatan, serta produk Danone yang dikirimkan ke sejumlah rumah sakit yang menangani covid-19 di Indonesia juga diberikan kepada masyarakat yang terdampak dan rawan terdampak pada kondisi saat ini. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT